Bitcoin Jatuh: Apakah Sekarang Waktunya untuk Keluar?

0
64

Bitcoin terjerumus dan banyak kripto yang turun karenanya. Sejak awal Januari, kita telah melihat setengah dari nilai pasar hilang. Beberapa awalnya menyebutnya sebagai ‘pertumpahan darah’. Tapi kondisi ini semakin memburuk. Sebuah koin tunggal pernah bernilai hampir $ 25.000, sekarang mengambang di bawah $ 10.000.

Lalu apakah sekarang sudah waktunya untuk keluar?

Ide awal dibalik Bitcoin, ‘cryptocurrency pertama’  adalah memberikan alternatif uang tunai yang terdesentralisasi, mengambil alih kekuasaan dari bank dan lembaga keuangan. Lahir tidak lama setelah Krisis Finansial Global melanda keras di tahun 2008.

Pada tahun lalu atau tepatnya tiga bulan terakhir, nilai Bitcoin telah meroket melawan mata uang fiat. Peningkatan nilai astronomi ini menghasilkan badai kondisi yang sempurna untuk mendorong Bitcoin, dan kripto di dalam arus utama. Gagasan bahwa Anda bisa ‘menjadi kaya dengan cepat’ berarti cita-cita di balik Bitcoin segera terlupakan.

Ketika cerita mulai menyelinap masuk ke dalam program berita malam tentang orang-orang yang telah menjual semua yang mereka miliki dan memindahkannya ke Bitcoin atau kenyataan bahwa, jika Anda membeli kembali beberapa dolar Bitcoin pada tahun 2010, Anda sekarang akan menjadi multi jutawan , semua orang memperhatikan. Semua orang memperhatikan tanpa memahami kripto-glikosur sebenarnya. Orang mulai membeli koin karena trendi. Dan sekarang kita di sini, Cryptpocalypse.

Pada bulan lalu, pasar kriptocurrency telah jatuh. Karena jatuhnya volume perdagangan di Asia dan ancaman tindakan keras terhadap pertukaran kriptocurrency, orang-orang mengurangi kerugian mereka. Pasar mengoreksi dirinya sendiri.

Haruskah keluar sekarang?

Nah, pertama – Lifehacker bukanlah penasihat keuangan profesional. Kami menulis cerita tentang cara untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan cerita-cerita itu terkadang melibatkan uang.

Kedua – hampir tidak mungkin mengatakan jika Anda secara pribadi, harus menjual bitcoin Anda. Anda harus mempertimbangkan pilihan Anda. Berapa banyak yang Anda beli? Apakah Anda bersedia memotong keuntungan atau kerugian Anda dan melompat keluar sekarang? Apakah Anda memahami teknologinya dan percaya bahwa itu akan berhasil atau apakah Anda hanya bisa menghasilkan uang dengan cepat? Ada begitu banyak pertanyaan yang hanya masalah perspektif. Secara pribadi, saya telah melihat penurunan besar dalam keuntungan kripto kardiak saya dan saya hanya menginvestasikan jumlah kecil.

Ketiga – ini adalah ruang yang mudah menguap. Salah satu isu ruang kripto gantung saat ini berhubungan dengan masuknya laporan palsu dan media yang dapat secara dramatis mengubah harga kripto di dalam hitungan jam. Seringkali, informasi ini dengan cepat menyebarluaskan melalui komunitas kriptocurrency di Twitter dan Facebook, yang menyebabkan penjualan dan harga turun,bbahkan jika berita tersebut dihasilkan oleh bot di China. Ini sangat tidak stabil sehingga sejak saya mulai menulis artikel ini, Bitcoin sudah memasang mini comeback – sekitar USD $ 1000 dan sekarang kembali turun $ 300.

Sejujurnya, kita melihat berbagai macam spekulasi, situs web pasar yang menyegarkan, berpikir bahwa kita dapat melihat apa yang akan terjadi atau apa kripto yang akan terjadi berikutnya untuk melihat kenaikan yang meroket. Namun kenyataannya kita semua hanya meraba-raba dalam kegelapan, mencoba meraih ke dinding dan menemukan saklar lampu. Tidak ada yang menemukan saklar lampu. Kita tidak bisa melihat apa yang akan terjadi.

Jika Anda melihat lebih jauh ke belakang, Anda akan mendapati bahwa harga Bitcoin telah ‘diperbaiki’. Satu-satunya saran yang bisa saya berikan: Penelitian tentang apa yang Anda hadapi. Penelitian. Penelitian. Penelitian.

Sebelum Anda membeli kriptokokus: Penelitian.

Jackson Palmer, pencipta ‘cryptocurrency’ DogeCoin, menulis sebuah cerita panjang tentang keadaan kriptokokus pada tanggal 12 Januari. Dalam artikel tersebut, dia berbicara bahwa kripto-kripto telah sangat menyimpang dari tujuan awal dan bahkan berbicara tentang 2017 sebagai ‘tahun kripto-kurrensial berhenti menjadi uang peer-to-peer yang inovatif secara teknologi dan malah pada dasarnya menjadi pasar saham sen baru yang tidak diatur.

Perubahan mendasar yang telah kita lihat di bulan terakhir – setelah Bitcoin benar-benar melejit – adalah penerapan kriptooris demi menghasilkan uang. Hal ini telah terjadi pada masyarakat umum. Beberapa orang membeli Bitcoin tanpa pernah membacanya. Mereka hanya tidak mau ketinggalan.

Tapi semua orang yang membeli untuk mendapatkan lebih banyak dolar setelah menjualnya. Mereka justru  membeli harga tinggi dan sekarang dolar mereka terus berkurang. Jika Anda membeli 1 Bitcoin seharga $ 25000, Anda telah kehilangan $ 15000. Ini adalah proposisi yang menyeramkan.

Lalu Apakah sudah waktunya untuk keluar?” Jawabannya adalah: Tidak ada yang tahu kecuali Anda. Sayangnya, jika Anda telah menginvestasikan saat harga tinggi, tidak ada yang benar-benar bisa memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan.